U2FsdGVkX18c0zkefyRjOs9E8ffopeIL9Ug6MQVrkjDdh0NNnIqkZmvBlLzBx5E9RCppHgM/TwgmSX9pmF6zTQ==
Pengalaman Test Interview di PT. Indomarco Prismatama Cabang Bogor 1

Sebelum ke topik utama, ini kok gua belum ada panggilan ya, padahal udah mau semingguan dari 29 Juli 2016 lalu gua ikutan test di PT Indomarco Pristama cabang Bogor 1.

Masa iya si gua gagal lagi, sekalinya gua yang serius ngelamar kesini, sampe akhirnya dapet kesempan ikut test, lolos test, interview HRD, tapi ga ada kabar kelanjutannya.

Oke balik lagi ke topik, semoga postingan kali ini bermanfaat paling engga jadi referensi teman-teman sebelum mencoba ke Indomaret, oh iya tahun 2014 pernah juga ngelamar kesini.

Gua udah dua kali kesini pertama 2014 yang kedua semingguan yang lalu, jadi temat ini udah gak terlalu asing lagi, cuman saat di test ada sedikit perbedaan, mungkin tiap tahunnya ada perubahan.

Ngelamar
Ditahun 2014 gua nyampe kantornya jam 12 siang, tapi untung besoknya disuruh kesini lagi buat ikutan test, kalo di tahun ini setengah tujuh udah nyampe kantor.

Harapannya si biar bisa langsung ikutan test, eh yang ngelamarnya ampe ratusan, jadi dua hari berselang gua baru bisa ikutan tes, untung juga si gua ngasiin lamaran ke pak Dias, bisa ikutan test tanpa harus nunggu panggilan.

Karna yang ngasiin lamarannya ke bu Caca di informasiin lagi lewat panggilan, ini si gua percaya cuman milik-milikan aja, bukan artinya harus ngasiin lamaran ke pak Dias daripada bu Caca.

Test
Kebetulan (29/7/2016) yang test jumlahnya ada 48 pelamar abaen gua nomor 11 di depan gua nomor 5 dari Jaktim, satu lagi absen nomor 6 cewek anak Caringin ngeselin, gua ngblank banget pas ngisi soal Aritmatika.

Pak kalo udah ketemu polanya di gimanain "kata gua, nanya ke tim HRD" tiba-tiba anak Caringin nyaut "di isi", sue banget!, gua pasrah disoal ini karna emang sebelumnya ga pernah nemu soal kayak gini.

Pas pengumuman siapa yang lolos lanjut ke interview HRD ehh dia crwek anak Caringin tadi gak lolos, padahal baru lulus lah gua dari 2012, sukurin, haha jahat banget ya gua, dari 48 yang lolos test kurang dari 20.

Balik ke topik, setengah delapan pagi udah masuk ruangan nomor 5 "ruangan test/ interview HRD". sebenernya tes dimulai hampir jam setengah sepuluhan, 30 menit sebelum jam 8 buat verifikasi atau nyocokin data-data di lamaran sama kita.

Waktu (29/7/2016), jam 8 pagi para pelamar di panggil pak Andri "tim HRD" di ukur tinggi badan, udah gitu perkenalkan Nama, TTL, Alamat, selesai ini.

Lanjut nonton video tentang biografi dan gambaran jika kita kerja di Indomaret secara detil, nih waktu minggu kemaren pak Dias yang jadi pembicaranya, kan tim HRDnya ada bu Caca, pa Andri, pa Dias, satu lagi lupa.

Udah itu bagian ngisi soal-soal, udah agak lupa juga sih soal-soal test di 2014 tapi sangat mirip dengan soal di tahun 2016, cuman di 2014 gak ada soal "Aritmatika/ Pola", dan kurang inget juga waktu 2014 berapa banyak soal yang mesti di kerjain.

Tapi, soal-soal yang gua kerjain di test semingguan yang lalu, kisi-kisinya gini, gua ngerjain 6 lembar soal, tiap-tiap lembar ada yang 50 soal dengan waktu ngerjain 10 menit.

20 soal dengan 5 atau sampe 10 menit tergantung jenis soalnya, dari 6 lembar soal itu kebanyakan soal Matematika dasar. jadi usahain saat ikutan test bawa alat tulis, sisanya soal nebak bentuk, dan bahasa Indonesia ga susah kok.

Biasanya sebelum jam istirahat jam 12 siang, hasil dari test tadi udah diumumin, yang lolos test lanjut interview HRD setelah istirahat jam 1 siang, yang gagal test ya pulang.

Oh iya sebelum hasil test keluar, setelah beres ngerjain soal-soal kita masih ngisi kurang lebih dua lembaran gitu, kali ini ngisi biodata kita, kaya nama ayah/ ibu/ adik, pekerjaan ayah/ ibu, apa kita pernah sakit parah, pernah kerja dimana.

Apa pernah kecelakaan "jelaskan", apakah pernah ikut lembaga organisasi "jelaskan", menggunajan baju size berapa, apakah kamu perokok/ alkoholik, berapa gaji yang kamu inginkan, apakah kamu punya kendaraan sendiri, dll, masih banyak lagi.

Interview HRD
Dari pengalaman 2014 dan semingguan yang lalu di panggilnya dua orang dua orang si, tapi pas interview ngga besampingan kok, yang satu di depan yang lainnya di tengah ruangan.

Waktu 2014 masih inget banget di interview bu Caca, cuman agak lupa ditanya soal apanya, yang jelas soal kepribadan kita, terus ada pertanyaan lisan juga soal Matematika dari bu Caca.

Kurang lebih kaya gini 'ini misal harga Sirup Rp. 20.000 dengan diskon 20% berapa yang mesti di bayar' jawab aja Rp. 36.000 (10% dari 20.000 kan 2.000), disuruh jalan dari kayak fashion show tapi ini jalan sewajarnya buat nyambut pelanggan.

Interview tahun ini dengan pak Andri, katanya si dia orang Sukabumi "kata pelamar dari Puncak'', emang sama dia mah, santai, ga bikin kaku, kadang pake bahasa Sunda.

Seperti biasa interview ditanya soal kepribadian tapi yang ngebedain minggu kemaren sama interview 2014 minggu kemaren disuruh promo, pak Andri juga sempet nanyain Izajah sama KTP asli.

Bedanya juga ditahun 2014 pas ditanya "kamu siap ga di tempatin di Rawamangun" tapi tahun ini dengan pak Andri gua disuruh nulis pengen di tempatin di mana, gua tulis, di toko Pasir Menjul Cigombong, Lengis Cijeruk, sama toko Pasir Muncang Caringin.

Tapi ujung-ujungnya si sama aja selesai interview di suruh nunggu panggilan tiga sampai satu minggu kalo sampe ka ada panggilan silahkan coba ke tempat lain, alias gagalll..

Tips
Usahin deh kalo ngelamar rapih, pakai pakaian hitam putih plus sepatu hitam, apa lagi saat ikutan test harus bener-bener rapih, buat cowok yang berkumis/ jenggot mending di cukur abis deh kalo mau kesana.

Soalnya minggu kemaren ada anak yang mau di interview, baru masuk ruangan nomor 5 udah langsung keluar lagi, ya itu dia ada masalah di kumis jadi suruh di rapihin dulu, haha ada-ada aja, udah dulu teman-teman pengalamannya cuma nyampe disini, soalnya belum ngalamin masa training.
Strive To Be Better Than Ever
Loading...