U2FsdGVkX18c0zkefyRjOs9E8ffopeIL9Ug6MQVrkjDdh0NNnIqkZmvBlLzBx5E9RCppHgM/TwgmSX9pmF6zTQ==
Penyebab & Solusi Kenapa Motor Yamaha YZF-R15 Tidak Bisa di Starter
Penyebab & Solusi Kenapa Motor Yamaha YZF-R15 Tidak Bisa di Starter

Kejadian ini tadi pagi, kesel sih sebenernya, tapi tetep kalem, gini pagi-pagi tadi gua mau manasin motor eh ngga bisa, pas kunci gua puter ke on nyalatuh lampu-lampu & panel spidometernya nyala normal.

Pas gua teken starter kok ngga nyala-nyala, yang ada lampu panel spidometer redup makin redup hingga akhitnya mati total, cuman lampu depan, dim & sen tetep nyala walau terangnya kayak spaneng & klakson pelan banget suaranya.

Dari situ gua sempet searching-searching di YouTube & Google tuh "Kenapa Yamaha YZF-R15 Tidak Bisa di Starter & Spidometer Mati, Apa Penyebabnya, Apa Solusinya", jawabanya pun beragam.

Katanya, komponen pertama yang mesti di cek kondisi tegangan aki, bila dibawah 11 volt akinya yang bermasalah, terus bila kondisi aki bagus komponen yang harus di cek yaitu relay starter atau bendik.

Untuk mengecek relay starter bila menimbulkan bunyi cetak-cetak ketika tombol dipencet, tandanya masih bagus. Bila relay starter dalam kondisi baik, tombol starter bisa jadi penyebabnya.

Tombol starter juga bisa jadi penyebabnya, biasanya karena terdapat kotoran sehingga tidak bisa mengaliri listrik, komponen terakhir yang perlu di cek adalah dinamo starter-nya, dinamo starter menjadi penyebabnya karena kondisi brush list atau arang yang mulai menipis.

Dari penjelasan diatas, eksperimen pertama gua cek akinya, letak aki ada di bawah jok, pas gua ganti dengan aki yang baru alhamdulilah nyala lagi semuanya normal, oh iya harga aki beragam ya tergantung kita belinya di mana, tadi sih gua beli seharga 205k.

Kejadian ini mirip-mirip kaya yang dulu pas yang mio juga kaya gini bermasalah di aki, terimakasih, semoga bermanfaat.
Strive To Be Better Than Ever
Loading...